Skip to content

Hasil Uji kecepatan Smart bundle Haier D1200P

Awal ketertarikan saya terhadap produk Smart Telecom sudah agak lama, tapi baru semalam (24 Juni 2009) bisa kebeli di pameran handphone yang diselenggarakan di Diamond Jl. Slamet Riyadi Solo.
Sebelum beli saya sudah persiapan download driver dari situsnya Smart, coz kata para blogger yg bawaan dari HP ga bagus.
Rabu malam setelah saya menyebarkan pengetahuan saya ttg basis data kpd anak didik saya, saya langsung ke ATM ambil uang 350rb, coz dari selebaran harga bundle Smart+Haier cuma 333rb, masih sisa 17rb.. lumayan buat beliin mie ayam buat istri+anak.. pikir saya
Lha dalah… sampe pameran baca daftar harga, 383rb … HLOH!!! Saya tanya ke SPM (Sales Promotion Man, cowok sih..) ternyata kita wajib beli voucher pulsa senilai 50rb… JEGLEK!!! kok gitu!!!
Sambil mbatin.. (isinya ga usah ditulis, nanti malah kayak Prita Mulyasari).. saya datangi bagian pembelian, “Mas, saya pesen satu”.. saya sambung “ning ta ngetung duit sik, cukup ora”…
Teryata masih ada duit di dompet, setelah dikurangi biaya parkir motor 1rb, HTM 5rb (+dapet kartu tri), duit saya masih 388rb.. waduh, sisa 5rb doang nih. Tapi yo wis lah..

Sebelum nyoba Si Pinter (smart) ini saya pake Telkomsel Flash, tapi ga saya uji kecepatannya.. lumayanlah, dari rumah saya di Karangasem Solo, si TFlash ini cukup mumpuni, tapi saya ga berani lama2 dial up lewat Acer Aspire 4520 saya, soalnya saya beli bukan yg unlimited. Paket kuota TFlash ditujukan untuk koneksi langsung dengan HP, bukan dial up. Kalo untuk dial up kuotanya kesedot cepet banget, cos memang kalo dial up kan transfer datanya lebih aktif, jadinya cepet habis deh. Saya pake SE K320, browser : Opera Mini, chat : ebuddy, kalo istri saya suka Yamee, trus aplikasi email untuk Gmail, saya lupa namanya. Tiap hari dipake, kuota 15Mb (+sisa bulan kemarin 6Mb) dalam sebulan ga habis2… maklum, kalo lewat HP kan dikompres, javascript sama animation juga ga ada. Satu halaman web tanpa gambar rata2 cuma makan 1kb, ngirit to…

OK, itu tadi cerita tentang TFlash, sekarang saatnya si Pinter di uji. Habis beli di pameran, sampe rumah langsung install driver hasil download di kantor, selesai… colokin si Haier ke port USB, bikin New Connection… selesai.. langsung coba dial… eng ing eng, langsung jalan.. dtempat. Bukan ding, merangkak (bukan ngesot, emang suster di film). Langsung buka speedtest.net, pilih server asline, Jakarta, lokasi pengujian di Solo. Dengan sabar menunggu akhirnya keluar hasil, maks cuma dapet 0.04Mbps ato sekitar 40.96 Kbps untuk down dan 0.02Mbps ato sekitar 20.48Kbps untuk up .. pyuh. Kalo di iklan maks 153Kbps down, 128Kbps up, tapi kan kita tahu itu share tergantung kondisi trafic saat itu. Pagi ini saya hubungi temen yg kerja di Smart, katanya semalam ada pergantian bts. Katanya juga bulan ini ada perbaikan jaringan di Solo, setelah selesai harapannya bisa lebih cepet lagi. Oya.. bagi yg nunggu evdo rev A, (katanya lagi) silakan bersabar, sebentar lagi sudah masuk Solo. Saatnya promo Smart Jump nih..
Uji kedua, server ganti pake gudeg, maksutnya server Jogja, sedih… maks 0.02Mbps down 0.01Mbps up. Iseng lagi, servernya dibawa lari sampe dekat kutub utara, daerah Eropa Utara, nama negaranya lupa, maks dapet 0.04Mbps down dan… pas uji up servernya error. Yo wis, gitu aja.. ga diuji lagi.

Isi bundle:
1 Haier D1200P red color
1 baterai (cuma satu, tapi ga nempel di casing, ga kayak yg dulu, jadi udah pisah kayak HP biasa, kata SPM di sebuah counter HP di Matahari Singosaren ada palsunya, lumayan.. buat ganti)
1 kabel data USB sekaligus kabel charger (jadi kalo lagi connect ke port USB PC/laptop bisa sekalian charge)
1 charger
1 CD driver+aplication (belum dibuka ding, ga tau isinya apa)
1 manual book
1 SP Smart
1 voucher pulsa senilai 50rb (hiks… sedih)

Spek saat pengujian:
Lokasi : Karangasem Solo
Waktu : sekitar jam 22.00
Hardware:
Acer Aspire 4520
AMD Thurion X2 TL 60
1.5 Gb DDR II
Nvidia 7000M (VGA)
Software:
OS :apa hayooo…
Browser : Opera 9.60
Tool : Speedtest.net

Jika Anda mendapatkan hasil yang berbeda, itu wajar, karena pengujian juga sangat bergantung dari lokasi (yang berpengaruh pada kekuatan signal), kondisi trafic saat itu, hardware dan software. Setidaknya itu yang bisa diketahui, misalnya ada gangguan petir, badai.. itu juga masalah lagi. Kemudian kondisi ruangan juga, apakah tertutup ato tidak, tertutupnya model labirin ato tidak, dan juga HPnya baru ato second… hehe..

Update:
Hari ini diuji lagi, jam 11.00, hasilnya 0.12Mbps down dan 0.03Mbps up… cukup menggembirakan (bagi saya pribadi)

Sekian review dari saya.. ada yang minat coba Smart?

Iseng-iseng punya waktu luang? bolehlah anda baca juga Iseng-iseng survey

Published inLight Article