Skip to content

Memasang chatting tool CBox di blog UNS

Sebenarnya artikel ini sangat ringan dan semua blogger pasti sudah tahu, karena saya sendiri yang bukan blogger saja tahu.
Saya bukan blogger karena lebih suka belajar, baca buku, mengajar dan melakukan penelitian (sebabnya proposal pengabdian sering ditolak).

Chat, siapa yang tidak kenal?? Pasti sebagian besar kita sudah kenal istilah ini. Seringkali mereka yang melakukan chat sampai terbawa waktu, bahkan sampai terbawa lari lawan chat, mengingat sudah cukup banyak korban Facebook yang dibawa lari temen fb-nya. Daya tarik chat ini sering menggoda para blogger untuk memasang tool chat di blog mereka, tujuannya…. ya meningkatkan traffic. Traffic naik, berharap-harap dan berdoa agar duit di paypal bertambah… Betul tidak??

Nah, bagi pecandu blog di lingkungan UNS dan punya account di blog UNS, anda bisa menambahkan tool untuk chat. Berikut ini saya berikan langkah2nya, dengan asumsi anda sudah cukup tahu seluk beluk ngeblog.

  1. Periksa apakah host tempat blog anda berada mendukung tag <iframe>
  2. Mengapa iframe? Karena banyak chatting tool yang menggunakan iframe. Lalu dimana bisa tahu blog kita mendukung iframe atau tidak? Jawabnya… ya buka saya panel admin, masuk ke tab Design > Widget. Jika disitu ada widget ‘Widgetize Any HTML1’, selamat!! Anda bisa menggunakan iframe. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan adanya widget serupa, tetapi kebetulan yang ada di UNS hanya ini saja.

  3. Bagaimana jika tidak mendukung iframe?
  4. Ya diterima saja, atau silakan komplain ke adminnya. Jika tidak mendukung iframe maka kita bisa menggunakan HTML biasa.

  5. Cari chatting tool
  6. Karena posisi kita di UNS sebagai blogger adalah blogger pemakai dimana kita tidak bisa menentukan isi daleman dari blog, termasuk tidak punya akses langsung ke database, terpaksa kita harus cari penyedia chatting tool dari luar yang menyertakan free database. Apa itu database? Bagaimana saya mengelolanya? Tenang saja karena penyedia online chatting tool biasanya akan membebaskan anda dari pengelolaan database yang berada di server mereka. Salah satu penyedia online chatting tool GRATIS yang banyak digunakan adalah CBox. Anda bisa mendapatkan CBox di sini.

    CBox menggunakan iframe. Bagiamana jika blog kita tidak mendukung iframe? Ya cari penyedia lain yang hanya memakai tag HTML biasa, kebetulan pakdhe kita serba tahu, pakdhe Google.

  7. Daftar di penyedia chat tool tersebut
  8. Monggo yang berminat CBox di sini.

  9. Ambil/copy code yang diberikan
  10. Aktifkan widget untuk menampilkan
  11. Widget yang bisa Anda gunakan di blog UNS jika code yang diperoleh menggunakan tag iframe adalah Widgetize Any HTML1, jika hanya tag HTML standar Anda bisa gunakan widget Text.

  12. Pasang code pada editor widget content
  13. Selesai, tinggal di Save dan dilihat hasilnya.

Sudah? Iya.. sudah.
Gitu saja kok jadi artikel? … Biar saja, kenapa juga masih Anda baca.
Lha trus??… Mending cari duit, meskipun saya tidak terlalu pengen, monggo yang mau 10 US dollar GRATIS diklik disini.

Published inLight Article